Pemanfaatan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Pakelan Kota Kediri

Authors

Keywords:

pemasaran digital, umkm, sosialisasi, strategi pemasaran digital

Abstract

Pemasaran digital adalah kegiatan dalam pemasaran produk secara dalam jaringan (daring) yang dilakukan untuk menjalin komunikasi produsen dengan konsumen melalui perangkat yang terhubung dengan internet dan berbagai media digital lainnya. Menjalankan usaha secara digital dapat memberikan banyak keuntungan baik bagi penjual maupun pembeli. Sosialisasi pemasaran produk secara digital perlu diadakan di daerah Kelurahan Pakelan dengan tujuan utama yaitu memberikan informasi, pengetahuan, dan wawasan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Pakelan agar pelaku UMKM di wilayah tersebut semakin berkembang. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi. Sasaran dari kegiatan sosialisasi ini adalah seluruh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di wilayah Kelurahan Pakelan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah, yang diikuti dengan sesi tanya jawab. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberi edukasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentang pentingnya memanfaatkan pemasaran digital dalam upaya mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

References

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). DAMPAK PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL PADA STARTUP’S (STUDI KASUS PADA WIRAUSAHA BARU). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 73–87.

Baimbetova, A., Duisemaliyeva, M., Kurbanbayeva, A., & Esenzhigitova, R. (2020). Conducting marketing research of new products of the company. E3S Web of Conferences, 159, 3001.

Baines, P., Fill, C., & Rosengren, S. (2017). Marketing. Oxford University Press.

Barreda, A. A., Bilgihan, A., Nusair, K., & Okumus, F. (2016). Online branding: Development of hotel branding through interactivity theory. Tourism Management, 57, 180–192.

Basnet, S. D., & Auliya, A. (2022). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dalam Penyelengaraan Event Inacraft 2022. Journal of Tourism and Economic, 5(1), 18–31. https://doi.org/10.36594/jtec.v5i1.137

Bersimbayeva, A. B., Uruzbayeva, N. A., & Aibossynova, D. A. (2017). Marketing approach to innovation management as a tool for enhancing innovative activity of enterprises. Bulletin of the Karaganda University Economy Series, 85(1), 84–90.

Fomichenko, I., Barkova, S., Dykan, A., Kosik, K. V, & Kozlova, K. O. (2020). Internet marketing as a modern enterprise communication tool. Экономический Вестник Донбасса, 4 (62), 97–102.

Fuchs, W., & Unger, F. (2014). Management der Marketing-Kommunikation. Springer-Verlag.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PADA PT. DANAR HADI SURAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3, 144–151. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.443

Hristoforova, I. V., Silcheva, L. V., Arkhipova, T. N., Demenkova, A. B., & Nikolskaya, E. Y. (2019). Improvement of digital technologies in marketing communications of tourism and hospitality enterprises. Journal of Environmental Management and Tourism, 10(4), 829–834.

Ira, A., & Lahinda, L. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Pt.Esa Kreasio Sportindo (Stayhoops). Journal of Accounting and Business Studies, 4(1), 77–93.

Katili, A. Y., & Gintulangi, S. O. (2023). Sosialisasi Teknik Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Melalui Digital Marketing. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 5(4), 864–869.

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing. Fourth European Edition. In Pearson (Vol. 38, Issue 151). Pearson Education Limited.

Lailiyah, N., Utomo, H. B., Sujarwoko, Pitoyo, A., Agan, S., Waryanti, E., Sasongko, S. D., Sardjono, Muarifin, M., Puspitoningrum, E., Rahmayantis, M. D., Wahyuni, T., & Abrianto, M. Y. S. (2022). Sosialisasi Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD Negeri Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. KONTRIBUSI, 2(2).

McMahan, C., Hovland, R., & McMillan, S. (2009). Online marketing communications: Exploring online consumer behavior by examining gender differences and interactivity within internet advertising. Journal of Interactive Advertising, 10(1), 61–76.

Motion, J. (2001). Electronic relationships: Interactivity, Internet branding and the public sphere. Journal of Communication Management, 5(3), 217–230.

Richardson, G. P., & Otto, P. (2008). Applications of system dynamics in marketing. Journal of Business Research, 61(11), 1099–1101.

Saniyyah, Adviola, T. F., & Swasri, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurma: Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30–39.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Vyshnivska, B., & Karpenko, L. (2023). Essence, Role and Characteristics of the Product in the Enterprise’s Marketing Activities. Studies, 3(1), 152–159.

Wakil, A., Maulida, Z., Lestari, F. P., Violin, V., Satyanegara, D., Sudirman, A., Farani, D. B., & Wijaya, I. G. B. (2024). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In N. A. Fransiska (Ed.), Edulitera (Issue 1).

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN (Issue Desember). Deepublish Publisher.

Zinkhan, G. M., & Pereira, A. (1994). An overview of marketing strategy and planning. International Journal of Research in Marketing, 11(3), 185–218.

Downloads

Published

2024-05-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sidharta, V. R., Febiyanti, E. E., Zulfaida, A. S., Kusumaningsih, L. A., Putri, F. D. A., & Lailiyah, N. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Pakelan Kota Kediri. Dimar : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8. https://ojs.srikandikreatif.my.id/index.php/dimar/article/view/3

Most read articles by the same author(s)